Kegiatan Pengabdian Penyuluhan Kesehatan, Pemeriksaan dan Pengobatan, Screening Kulit dan Sirkumsisi

  • H Hamsah Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
  • Arni Isnaini Arfah Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
  • Nasrudin AM Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
  • Ida Royani Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
  • Syamsu Rijal Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
  • Sri Vitayani Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran UMI Makassar
Keywords: penyuluhan kesehatan, pengobatan, sirkumsisi, bakti sosial FK UMI, pesantren DDI Mangkoso

Abstract

Kegiatan yang berorientasi kepada masyarakat merupakan merupakan salah satu tridarma perguruan dibidang pengabdian. Dukungan dari berbagai pihak yang mengajak kerjasama dengan Fakultas Kedokteran UMI untuk mengadakan kegiatan bakti sosial dalam rangka Milad UMI ke 67 tahun dan Milad Fakultas Kedokteran ke 29 tahun. Bukan hanya organisasi kesehatan saja yang dapat mengadakan kegiatan posko kesehatan, namun adanya kerjasama dengan pihak-pihak luar dari kesehatan mampu dijadikan contoh yang baik dalam meningkatkan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, kami dari Fakultas Kedokteran UMI bekerjasama dengan Panitia Lokal (ISBA) Pesantren DDI Mangkoso

Kegiatan ini diagendakan pada tanggal 20 Juni 2021yang bertempatkan di Pesantren DDI Mangkoso, Barru, Sulawesi Selatan. Pelaksanaan kegiatan Penyuluhan Kesehatan dengan judul Penyakit Kulit di Asrama, PHBS dan Bantuan Hidup Dasar (Basic Life Support) untuk masyarakat awam, dan Screening penyakit kulit, serta sirkumsisi dengan jumlah total peserta penyuluhan seluruh santri dan santriwati Pesantren DDI Mangkoso, pemeriksaan dan pengobatan sekitar 215 orang (146 santri dan 69 santriwati) dan peserta sirkumsisi ada 11 orang.

Untuk kegiatan penyuluhan dihadiri Pembina pesantren dan para antri/santriwati Pesantren DDI Mangkoso. Tema penyuluhan membahas tentang Bantuan Hidup Dasar, penyakit kulit dan pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat, sesuai kondisi yang sering dialami di kalangan pesantren.

Published
2021-09-30