Sosialisasi Dampak Sex Bebas bagi Kesehatan dan Jiwa di Lokasi Wisata Desa Bira Bulukumba Sulawesi Selatan

  • Armanto Makmun
  • Achmad Harun Muchsin
Keywords: Pendidikan Seks, Kawasan Wisata, Penyuluhan

Abstract

Saat ini, generasi muda di seluruh dunia berusia 10-24 tahun mencapai 1,8 miliar orang dan menjadi populasi terbesar. Berdasarkan data Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (2012), jumlah remaja yang pernah berciuman adalah 93,7%, 97% pernah menonton film porno, 62,7% mengaku tidak perawan dan 21,2% melakukan aborsi. Perilaku tersebut dapat menimbulkan berbagai dampak negatif bagi mereka, antara lain rentan terhadap penyakit kelamin dan tertular HIV/AIDS, kehamilan yang tidak direncanakan, penggunaan narkoba, dan gangguan psikologSis. Asisten Deputi Perlindungan Anak dari Kekerasan dan Eksploitasi, Valentina Ginting mengatakan, banyak tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak, eksploitasi seksual dan pekerja anak cenderung terjadi di tempat-tempat yang memiliki banyak kegiatan ekonomi, terutama di kawasan wisata, misalnya di Tanjung Bira. Target yang dicapai dalam penyampaian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pendidikan seks untuk kesehatan dan kesehatan mental di Kawasan Wisata Desa Bira, Bulukumba, Sulawesi Selatan.

References

Badan Pusat Statistik. Proporsi perempuan dan laki-laki muda umur 18-24 tahun yang mengalami kekerasan seksual sebelum umur 18 tahun. In: Proporsi perempuan dan laki-laki muda umur 18-24 tahun yang mengalami kekerasan seksual sebelum umur 18 tahun. 2015.

Rofii, A., Herdiawan, R. D., Nurhidayat, E., Fakhrudin, A., Sudirno, D., & Nahdi, D. S. Penyuluhan Tentang Bahaya Pergaulan Bebas dan Bijak Bermedia Sosial. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 825-832. 2021

The World Bank. Population Of Male And Female Ages World Bank Data. 2019.

Saputro, K. Z. Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. 2018.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pemuda Rumuskan Keterlibatan Bermakna Dalam Pembangunan Kesehatan [Online]. Tersedia pada: https://www.kemkes.go.id/article/print/19032200001/pemuda-rumuskan-keterlibatan-bermakna-dalam-pembangunan-kesehatan.html. 2019.

sari Adnyani, N. K., Windia, I. W., Sukerti, N. N., & Dewi, A. A. I. A. A. Eksploitasi Pemanfaatan Ruang Dalam Pembangunan Kawasan Wisata. Pandecta Research Law Journal, 16(2), 354-367. 2021.

Klimley, K. E., Carpinteri, A., Benson, B., Van Hasselt, V. B., & Black, R. A. Commercial sexual exploitation of children: Victim characteristics. Journal of forensic practice. 2018.

Sarwono S.W. (2011) Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

CAHYANI, A. I., Tahyudin, D., & Husin, A. Eksploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen (Studi Kasus Di Kawasan Bkb Kota Palembang). 2018.

Kabupaten Bulukumba. Desa Bira, Percontohan Nasional Desa Wisata Ramah Anak Dan Bebas Eksploitasi. 2020.

Published
2022-08-12