Peningkatan Pengetahuan Mengenai Dampak Cyberbullying Terhadap Kesehatan Mental Pada Remaja

  • Paramita Septianawati Depertemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Irma Finurina Mustikawati Depertemen Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kedokteran, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Inggar Ratna Kusuma Depertemen Kesehatan, Fakultas Kebidanan, Universitas Universitas Muhammadiyah Purwokerto, Indonesia
  • Tisna Sendy Pratama Depertemen Radiologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Hilma Paramita Departemen Psikiatri, RSUD Banyumas dan FKK-MK, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Keywords: Remaja putri, panti asuhan, cyberbullying

Abstract

Masyarakat hampir sebagian besar memiliki alat penghubung dengan internet antara lain handphone, laptop, tablet dan lain sebagainya. Penggunaan alat tersebut berfungsi sebagai alat telekomunikasi yang dapat dipakai secara positif atau pun negatif oleh masing-masing individu pengguna. Penggunaan negatif media internet dapat berupa penyebaran isu atau berupa penindasan melalui media sosial yang dikenal cyberbullying. Penindasan melalui media elektronik dapat menimbulkan masalah kesehatan masyarakat terutama remaja berupa rasa cemas, stres, percaya diri rendah dan lain sebagainya. Dampak yang lebih parah lagi dapat mengakibatkan anak muda atau remaja yang terkena aksi cyberbullying akan mendapat kemampuan yang rendah di bidang akademik dan dapat terjadi peningkatan kejadian bolos sekolah; atau terjadinya risiko bunuh diri. Maka dari itu tujuan program pengabdian masyarakat yang ditawarkan adalah pemberian Sosialisasi Dampak cyberbullying terhadap Kesehatan Mental. Kegiatan dilakukan dimulai dari pemeriksaan glukosa darah, pretes, kemudian penyuluhan mengenai bahayanya cyberbullying dapat menyebabkan terjadinya gangguan mental, dilanjutkan dengan postes, serta membuat poster berupa stop cyberbullying. Hasil pengabdian mengenai tingkat pengetahuan ditunjukkan adanya peningkatan rerata nilai hasil pengetahuan, dimana sebelum diberikan materi di dapatkan rerata adalah 75,22; kemudian setelah diberikan materi rerata nilai postes adalah 87,78, artinya terdapat penambahan pengetahuan mengenai materi dampak cyberbullying terhadap kesehatan mental pada remaja di Panti Asuhan Putri Muhammadiyah Tanjung, Purwokerto. Kesimpulan pada kegiatan pengabdian adalah adanya efektivitas pemberian materi dan pembuatan poster stop cyberbullying terhadap peningkatan pengetahuan pada remaja putri mengenai dampak cyberbullying terhadap kesehatan mental.

References

Cook CR, Williams KR, Guerra NG, Kim TE. Handbook of bullying in schools: An international perspective. In: Jimerson SR, Swearer SM, Espelage DL, editors. Routledge/Taylor & Francis Group; 2010. p. 347–362.

Shofiyyah, Borualogo IS. Pengaruh perundungan terhadap Subjective Well Being pada anak dan remaja di panti asuhan. Pros Psikol [Internet]. 2021;7(2):284–9.

Yanzami UM, Widyastuti. Bullying berhubungan dengan risiko bunuh diri pada remaja. J Keperawatan. 2021;13(1):253–64.

Ningrum FS, Amna Z. Cyberbullying victimization dan kesehatan mental pada remaja. Insa J Psikol dan Kesehat Ment. 2020;5(1):35–48.

Kim S, Kimber M, Boyle MH, Georgiades K. Sex differences in the association between cyberbullying victimization and mentnal health, substance use, and suicidal ideation in adolescents. Can J Psychiatry. 2019;64(2):126–35.

Wahab NA, Yahaya WAJW, Muniandy B. The use of multimedia in increasing perceived knowledge and awarness of cyber-bullying among adolescents: A pilot study. Procedia - Soc Behav Sci [Internet]. 2015;176:745–9.

Sapra A, Bhandari P, Sharma S, Chanpura T, Lopp L. Using generalized anxiety disorder-2 (GAD-2) and GAD-7 in primary care setting. Cureus. 2020;12(5):1–7.

Wong H, Singh J, Go RM, Ahluwalia N, Guerrero-Go MA. The effects of mental on non-insulin-dependent diabetes: Determining the relationship between catecholamine and adrenergic signals from stress, anxiety, and depression on the physiological chages in the pancreatic hormone secretion. Cureus. 2019;11(8):1–8.

Jacques A, Chaaya N, Beecher K, Ali SA, Belmer A, Bartlett S. The impact of sugar consumption on stress driven, emotional and addictive behaviors. Neurosci Biobehav Rev [Internet]. 2019;103:178–99.

Sayekti S, Yulistari N. Hubungan tingkat stress dengan kadar glukosa darah sewaktu pada mahasiswa semester 6 (enam) program studi DIII teknologi laboratorium medis fakultas vokasi institut teknologi sains dan kesehatan insan cendekia medika jombang. J Insa Cendekia. 2022;9(2):121–9.

Astuti RD, Kawuryan F. Pengaruh First Pshycological Aid dalam meningkatkan regulasi emosi dan coping stress anak panti asuhan. Psikoislamika J Psikol dan Psikol Islam. 2019;16(1):52–74.

Hill D, Conner M, Clancy F, Moss R, Wilding S, Bristow M, et al. Stress and eating behaviours in healthy adults: A systematic review and meta-analysis. Health Psychol Rev [Internet]. 2022;16(2):280–304.

O’Connor DB, Ferguson E, McMillan B, Conner M, Jones F. Effects of daily hassles and eating style oneating behavior. Heal Psychol [Internet]. 2008;27(1S):S20-31.

Dorsey S, Lucid L, Murray L, Bolton P, Itemba D, Manongi R, et al. A qualitative study of mental health problems among orphaned children and adolescents in Tanzania. J Nerv Ment Dis. 2015;203(11):864–70.

Mutma FS. Deskripsi Pemahaman Cyberbullying di Media Sosial pada Mahasiswa. J Common. 2020;4(1):32–55.

Sadida, Nuri; Nursanti, Ade dan Zakiah S. Empowering Secondary Students to Overcome Cyberbullying through Peer-Helper Training. Rekayasa. 2020;18(1):18–23.

Saengprang S, Gadavanij S. Cyberbullying: The case of public figures. Learn J Lang Educ Acquis Res Netw. 2021;14(1):344–69.

Cohen-Almagor R. Cyberbullying, moral responsibility, and social networking: Lessons from the Megan Meier tragedy. Eur J Anal Philos. 2020;16(1):75–97.

Hellfeldt K, Laura L. Cyberbullying and psycological well-being in young adolescence: The potential protective mediation effects of social support from family, friends, and teachers. Environ Res Public Heal. 2019;17(45):1–16.

Husnah Z, Latifah N, Rosi B, Rahmat R. Cyberbullying perspektif Al-Qur’an dan konstitusi negara sebagai pendidikan dalam etika penggunaan media sosial. J Pendidik Islam Pendekatan Interdisip [Internet]. 2020;4(2):69–78.

Tualeka TD, Rohmah FA. Efektifitas Expressive Art Therapy untuk menurunkan kecemasan pada kelompok remaja putri di panti asuhan. Univ Ahmad Dahlan [Internet]. 2022;1:1–10.

Published
2023-07-26
Section
Articles