Edukasi Gejala Klinis dan Aspek Psikologi Premenopause dan Menopause di Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta

  • Hidayatullah Hidayatullah Depertemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Mardiah Tahir Depertemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Nasrudin Mappaware Departemen Obstetri dan Ginekologi; Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • St Maisuri T. Chalid Depertemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Nur Rakhmah Depertemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Masita Fujiko Depertemen Obstetri dan Ginekologi, Fakultas Kedokteran, Universitas Hasanuddin, Makassar, Indonesia
  • Erlin Syahril Departemen Obstetri dan Ginekologi; Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Andi Mujihad Departemen Obstetri dan Ginekologi; Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
Keywords: Gejala, psikologi, menopause, perimenopause, jawa

Abstract

Kegiatan ini diadakan dengan tujuan menambah pengetahuan tentang gejala klinis dan aspek psikologi premenopause dan menopause perempuan di Desa Mulusan Kabupaten Gunung Kidul Yogyakarta yang sesuai dengan perkembangan zaman. Metode yang digunakan adalah penyuluhan dengan meliputi; menyampaikan materi dan tanya jawab. Melalui penyuluhan tersebut, peserta diberikan pemahaman mengenai pentingnya mengetahui gejala klinis dan aspek psikologi sebagai bekal dalam menghadapi proses premenopause dan menopause. Peserta didorong untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi dan tanya jawab guna mendalami pemahaman tentang materi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta berhasil meningkatkan pengetahuannya yang dievaluasi menggunakan pretest dan posttest dengan peningkatan nilai lebih dari 50%. Selain itu, melalui penyuluhan ini, peserta semakin memahami pentingnya faktor-faktor yang berperan pada proses menopause dalam aspek medis dan kehidupan mereka. Kesimpulannya, metode penyuluhan dan diskusi berhasil menambah pengetahuan tentang gejala klinis dan aspek psikologi perimenopause dan menopause pada perempuan Desa Mulusan.

References

Simangunsong DE. ‘Pengaruh “Pramenopause Empowerment Model” terhadap Tingkat Kemandirian dalam Pengendalian Keluhan pada Periode Perimenopause di Kota Pematangsiantar’ [Internet]. 2017. Universitas Sumatera Utara;. Available from: https://library.usu.ac.id

Taylor HS, Pal L, Seli E. ‘Speroff’s Clinical Gynecologic Endocrinology and Infertility’. 9th ed. Philadelphia, Wolters Kluwer; 2020. 3505 p.

MacGregor EA. (2018) “Migraine, menopause and hormone replacement therapy”. Post Reprod Heal.;24(1):11–8.

Sulistiyani, L. and Suci, E. S. T. ‘Pemaknaan Menopause pada Perempuan Bangsawan Keraton Jawa’, Jurnal Kesehatan Reproduksi, 2016. 3(3), p. 194. doi: 10.22146/jkr.36191.

Teja, N. M. ‘Gambaran Kecemasan Perempuan Menopause Berdasarkan Jenis Kelamin Anak Dan Suku Bangsa Di Desa Dauh Puri Klod’, Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2019. (180).

Mumpuni, A., Nurbaeti, R. U., Purnomo, A., Sunarsih, D., Kurniawan, P. Y., Konilah, K., Ernilah, E., & Sukmawati, N. L. Pengelolaan kegiatan GLS di sekolah dasar selama pandemi covid-19. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2021. 1(02).

Setyaputri, D. V. A., Fadilla, I. N. I., Nurpratiwiningsih, L., & Santika, A. Pelatihan Literasi dan Numerasi Peserta Didik SD Negeri Kragilan 2. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 2022. 2(02), 127–131.

Saptandari, P. “Beberapa Pemikiran tentang Perempuan dalam Tubuh dan Existensi”. Dari Departemen Antropologi FISIP Universitas Airlangga Surabaya. 2013.

Ceylan, B. and Özerdoğan, N. ‘Factors affecting age of onset of menopause and determination of quality of life in menopause’, Turk Jinekoloji ve Obstetrik Dernegi Dergisi, 2015. 12(1), pp. 43–49. doi: 10.4274/tjod.79836.

Khaerumansyah, M. “Faktor Determinan Sosial Dan Mediko-Obstetrik Pada Pasien Rujukan Dengan Komplikasi di Rumah Sakit Jejaring Pendidikan Di Kota Makassar”. UNIVERSITAS HASANUDDIN. 2019.

Published
2023-09-30