Perubahan Paradigma pada Strategi Penanganan Karsinoma Hepatoseluler: Systematic Review

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

rini bachtiar
Muhammad Luthfi Parewangi
Fardah Akil
Nu’man AS Daud
Susanto Hendra Kusuma
Amelia Rifai

Abstract

Latar Belakang: Karsinoma hepatoseluler (KSH) membawa tantangan yang besar pada sistem kesehatan dikarenakan insidensi dan tingkat mortalitasnya yang tinggi. Sebagian besar pasien datang dalam stadium lanjut yang berespon buruk dengan terapi sistemik kemoterapi dan hormonal.
Isi: Beberapa tahun kebelakang, terjadi pertumbuhan pesat dalam pengembangan strategi manajemen KSH pasca ditemukannya terapi target sorafenib pada tahun 2007, disusul dengan ditemukannya kombinasi penghambat immune checkpoint yang bekerja secara efektif dalam memperpanjang kesintasan pasien KSH. Tinjauan literatur ini dibuat untuk membahas secara lengkap mengenai perubahan paradigma serta tantangan pada era terapi target dan penghambat immune checkpoint dalam manajemen KSH. Diharapkan tinjauan literatur ini dapat memberikan gambaran mengenai tantangan dan perubahan tatalaksana pada pasien KSH demi luaran yang lebih baik
Kesimpulan: Saat ini, terapi target dan penghambat immune checkpoint menjadi pilihan utama dalam strategi penatalaksanaan KSH stadium lanjut.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##