Pemberdayaan Kader Posyandu RW 07 Kelurahan Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya pada Pembuatan Jamu Instan

  • Mumtihanah Mursyid Fakultas Farmasi UMI
  • Mirawati Mirawati Laboratorium Farmasetika, Fakultas Farmasi, Universitas Muslim Indonesia, Makassar, Indonesia
  • Iskandar Zulkarnain
Keywords: Hypertention, Uric acid, Diabetic, Cholesterol, Instant herbs, Posyandu cadres.

Abstract

Mangga dan jambu biji merupakan tumbuhan lokal yang tumbuh pesat di sekitar wilayah Kecamatan Biringkanaya dan termasuk di wilayah Kelurahan Bulurokeng. Masyarakat umumnya hanya mengkonsumsi buahnya, sehingga daunnya tidak diberdayakan. Kombinasi ini dapat digunakan untuk mengobati hipertensi, asam urat, diabetes dan kolesterol yang melibatkan beberapa enzim penting di dalam pencernaan. Agar penggunaan lebih tepat, perlu dilakukan peningkatan pemahaman kepada masyarakat dalam mengolah menjadi jamu instan yang mudah untuk dikonsumsi. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan peningkatan pengetahuan tentang fungsi jamu dan salah satu ide pengembangan produk sederhana bagi kelompok kader agar dapat menambah benefit ekonomi mitra. Pengabdian dilakukan dalam 3 tahap pelaksanaan, yaitu : sosialisasi, edukasi dan ceramah, serta praktek. Pengabdian dilakukan di Aula Kantor Kelurahan Bulurokeng dengan kelompok mitra Kader Posyandu RW 07. Pelatihan ini diikuti 10 orang yang terdiri dari 1 orang ketua kader dan 9 orang anggota. Penyiapan, pelaksanaan dan evaluasi dilaksanakan selama 4 bulan yaitu September-Desember dengan puncak kegiatan dilaksanakan pada 23 Desember 2022. Dari seluruh kegiatan dihasilkan bahwa terlihat peningkatan pengetahuan peserta yang ditunjukkan dari hasil evaluasi, khususnya pada hasil kuesioner yang menunjukkan peningkatan pengetahuan dari peserta. Dari 10 orang peserta menunjukkan hasil pengisian kuesioner yang baik mengenai fungsi dan cara penggunaan jamu yang telah diajarkan sebelumnya.

References

Rahajeng, Ekowati, Tuminah, Sulistyowati. Prevalensi Hipertensi Dan Determinannya Di Indonesia. Majalah Kedokteran Indonesia; 2009.Vol 59, No 12.

Kementrian kesehatan RI. Profil penyakit tidak menular 2016, Jakarta; 2017.

Nurwidayanti, Lina. Wahyuni, Chatarina Umbul. Analisis Pengaruh Paparan Asap Rokok Di Rumah Pada Wanita Terhadap Kejadian. Jurnal Berkala Epidemiologi; 2013. Vol. 1, No. 2 : 244–253.

Suoth, Meylen. Bidjuni, Hendro. Malara, Reginus T. Hubungan Gaya Hidup Dengan Kejadian Hipertensi Di Puskesmas Kolongan Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara.Ejournal Keperawatan; 2014. Vol 2. No 1.

Ismuningsih, Rita. Pengaruh Konsumsi Lemak Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Rawat Jalan Di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta; 2013.

Siringoringo, M. dkk. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Hipertensi Pada Lansia Di Desa Sigaol Simbolon Kabupaten Samosir Tahun 2013; 2013 Http://Jurnal.Usu.Ac.Id/Index.Php/Gkre/Article/Viewfile/5179/2786.

Astuti, Setyo Tri Wardhani. Tjahjono, Hendro Djoko. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kadar Asam Urat (Gout) Pada Laki-Laki Dewasa Di Rt 04 Rw 03 Simomulyo Baru Surabaya;2013.Http://Ejournal.Stikeswilliambooth.Ac.Id/Index.Php/S1kep/Article/View/53

Yuliani,Fadma. Oenzil, Fadil. Iryani, Detty. Hubungan Berbagai Faktor Risiko Terhadap Kejadian Penyakit Jantung Koroner Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Jurnal Kesehatan Andalas; 2014. No 4.

Badan Pusat Statistik, Kecamatan Biringanaya Kota Makassar dalam Angka tahun 2007 s/d 2016. Makassar. 2017.

Heltina, D., dkk. Pelatihan Pembuatan Jamu Dalam Upaya Meningkatkan Imunitas Masyarakat Kelurahan Muara Fajar Timur Kecamatan Rumbai Pekanbaru. Disajikan dalam Seminar Nasional Pemberdayaan Masyarakat UNRI Pekanbaru; 2021, Vol 3 p. 11-18.

Published
2023-03-31
Section
Articles