Skizoafektif Tipe Mania

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Alim Jaya

Abstract

Pendahuluan: Gangguan skizoafektif memiliki ciri baik skizofrenia dan gangguan afektif (sekarang disebut gangguan mood). Kriteria diagnostik untuk gangguan skizoafektif telah berubah dengan berjalannya waktu, sebagian besar karena perubahan dalam kriteria diagnostik untuk skizofrenia dan gangguan mood. Terlepas dari sifat diagnosis yang dapat berubah, diagnosis ini tetap merupakan diagnosis yang terbaik bagi pasien yang sindrom klinisnya akan terdistorsi jika hanya dianggap skizofrenia atau hanya suatu gangguan mood.


Laporan Kasus: Perempuan 37 tahun, diantar oleh keluarga dengan keluhan gelisah dialami 1 minggu sebelum masuk rumah sakit. Pasien sering mondar-mandir di rumahnya tanpa tujuan yang jelas serta selalu mau naik ke atap rumah dan mengatakan ada yang memanggil dirinya. Pasien sering menyendiri dan mengurung diri di kamarnya serta mematikan lampu kamarnya. Menurut keluarga, awal perubahan perilaku dialami pada tahun 2002. Pada pemeriksaan status mental didapatkan adanya halusinasi auditorik, waham persekutori dan juga ditemukan adanya suatu keadaan mania dengan mood yang labil dan peningkatan afek yang cukup, psikomotor yang kesan meningkat, produktivitas bicara cukup banyak, arus pikir menunjukkan flight of ideas, kebutuhan tidur yang berkurang, dan waham kebesaran.


Kesimpulan: Penegakan diagnosis skizoafektif tipe mania dapat ditegakkan apabila memenuhi kriteria skizofrenia dan pada saat bersmaan juga timbul gejala afektif yang menonjol.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##