Hubungan Usia, Lama Pendidikan, Pekerjaan, dan Paritas Ibu Dengan Tingkat Kepatuhan ANC di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa Tahun 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Najamuddin Andi Palancoi
Yusril Ihsanul M
Azizah Nurdin

Abstract

Latar Belakang: : ANC atau Antenatal Care merupakan suatu pelayanan oleh tenaga kesehatan yang memenuhi standard yang sesuai kepada ibu hamil untuk memeriksa kondisi kehamilannya. Ibu hamil dapat patuh melakukan ANC disebabkan oleh banyak faktor seperti diantaranya adalah usia ibu saat hamil, lama pendidikan yang sudah ditempu, status pekerjaan, dan paritas ibu hamil. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan usia, lama pendidikan, status pekerjaan, dan paritas ibu dengan tingkat kepatuhan ANC.


Hasil: Design penelitian ini adalah analitik retrospektif dengan menggunakan pendekatana Cross-sectional. Populasi penelitian ini yaitu semua ibu hamil yang mengalami komplikasi berupa perdarahan postpartum kemudian melihat bagaiman kepatuhan kepatuhan ANC ibu tersebut berdasarkan dari  rekam medik RSUD Syekh Yusuf pada Tahun 2018. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu total sampling.


Kesimpulan: Terdapat hubungan antara status pekerjaan ibu hamil dengan kepatuhan ANC

##plugins.themes.academic_pro.article.details##