Hubungan Tingkat Kepatuhan ANC dengan Kejadian Anemia, Makrosomia, dan Gemelli pada Kasus Pendarahan Postpartum

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Azizah Nurdin
Yusril Ihsanul M
Najamuddin Andi Palancoi

Abstract

Latar Belakang :Antenatal care (ANC) merupakan pelayanan ibu hamil yang dilakukan selama kehamilan oleh tenaga kesehatan profesional. Keidakpatuhan ANC merupakan salah satu faktor risiko tidak langsung mengakibatkan terjadinya komplikasi kehamilan seperti anemia, makrosomia dan gemelli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada hubungan antara tingkat kepatuhan ANC dengan kejadian anemia, makrosomia dan gemelli.


Metode : Penelitian ini menggunakan design penelitian yaitu analitik retrospektif dengan pendekatana Cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah semua ibu hamil yang mengalami perdarahan postpartum di RSUD Syekh Yusuf Tahun 2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling.


Hasil : penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kepatuhan ANC dengan kejadian anemia dengan nilai p-value sebesar 0,004. Sedangkan variabel lain didapatkan hasil tidak terdapat hubungan yang signifikan, yaitu hubungan tingkat kepatuhan ANC dengan kejadian makrosomia didapatkan nilai p-value sebesar 0,759, dan hubungan tingkat kepatuhan ANC dengan  kejadian gemelli didapatkan nilai p-value sebesar 0,085.  


Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat kepatuhan ANC dengan kejadian anemia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##