Perbandingan Pelaksanaan Imunisasi pada Masa Pandemi dan Non Pandemi Covid-19 di Puskesmas Massenga Polewali Mandar

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Andi Masyita Putri
Saharuddin Saharuddin
Rini Fitriani

Abstract

Latar Belakang: Pandemi Covid-19 berdampak pada peIayanan kesehatan khususnya imunisasi di beberapa daerah. Pemberian imunisasi dasar sangat penting bagi bayi untuk mencegah penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imuunisasi, misalnya penyakit polio. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan peIaksanaan imunisasi pada masa pandemi dan non pandemi Covid-19 di Puskesmas Massenga PoIewaIi Mandar.


Metode: PeneIitian ini menggunakan rancangan analitik observationak dengan desain penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. SampeI yang digunakan pada penelitian ini adalah bayi yang berusia 0-11 buIan yang mendapatkan imunisasi dasar di Puskesmas Massenga PoIewaIi Mandar, sesusai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. AnaIisa data yang digunakan adalah anaIisa univariat dan anaIisa bivariat dengan uji T Independent.


Hasil: didapatkan niIai signifikansi (p) perbedaan imunisasi sebesar 0.032. HasiI ini menunjukkan niIai signifikansi , dimana terjadi penurunan cakupan imunisasi sebesar 11.33 % pada masa pandemi Covid-19 di puskesmas Massenga PoIewaIi Mandar.


KesimpuIan: terdapat perbedaan cakupan imunisasi dasar pada masa pandemi dan non pandemi Covid-19.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##