Efek Forest Bathing Pada Kardiovaskular, Respon Inflamasi, Imunitas Dan Psikologi.

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Silmi Chairan Andi

Abstract

Latar Belakang:. Terdapat hubungan antara manusia, lingkungan dan kesehatan. Hidup dekat dengan alam mampu memberikan efek salutogenik pada kesehatan. Forest bathing memberikan kesempatan manusia untuk kembali hidup dekat dengan alam . Sejak dimulai pada tahun 1982, penelitian - penelitian terkait forest bathing banyak di lakukan di Jepang melaporkan berbagai efek fisiologis dan psikologis setelah terapi.


Isi: Penelitian yang lebih baru menunjukkan bahwa peningkatan dalam kesehatan fisiologis dan psikologis ini mungkin sebagian disebabkan oleh phytoncides (senyawa volatil organik di udara) yang dihirup dari tumbuhan di hutan. Senyawa volatil organik dapat dimanfaatkan melalui aplikasi kulit atau asupan oral minyak esensial. Namun, forest bathing mungkin lebih aman dan cost-effective karena kegiatan bersifat rekreasi dan dapat memanfaatkan lingkungan alam sekitar.


Kesimpulan:. Forest bathing memiliki efek fisiologis dan psikologis sehingga dapat bermanfaat bagi kebutuhan penelitian di masa depan serta berpotensi sebagai terapi komplementer yang dapat di lakukan di Indonesia.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##