Analisis Tingkat Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar Tahun 2018

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Muhammad Pasca Rivaldi

Abstract

Latar belakang : Pembangunan kesehatan merupakan bagian dari pembangunan yang bertujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satu diantaranya yang dipandang mempunyai peranan yang cukup penting yakni penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan yang baik seharusnya memenuhi kebutuhan dan tuntutan kesehatan para pemakai jasa pelayanan kesehatan, apabila pelayanan kesehatan berhasil dipenuhi akan dapat menimbulkan rasa puas terhadap pelayanan kesehatan yang di selenggarakan


Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelayanan pasien rawat inap kelas I,II, & III terhadap pelayanan penerimaan pasien, pelayanan perawat, pelayanan dokter, pelayanan makanan dan gizi, pelayanan penunjang medic, dan lingkungan fisik.


Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian analitik korelasional yang menggunakan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap kelas I,II, & III sebanyak 80 orang yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner


Hasil : 80 responden menunjukkan bahwa secara keseluruhan, 34 responden (42,5%) merasakan sangat puas terhadap pelayanan secara umum,  42 responden (52,5%) merasakan puas terhadap pelayanan secara umum, dan 4 responden (5%) merasakan cukuop puas terhadap pelayanan secara umum.


Kesimpulan : Kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Ibnu Sina Makassar terhadap pelayanan secara umum yang merupakan gabungan dari pelayanan penerimaan pasien, pelayanan perawat, pelayanan dokter, pelayanan makanan dan gizi, pelayanan penunjang medic, dan terhadap lingkungan fisik didapatkan  42,5% merasa sangat puas terhadap pelayanan secara umum,  52,5% merasakan puas terhadap pelayanan secara umum, dan 5% merasakan cukup puas terhadap pelayanan secara umum

##plugins.themes.academic_pro.article.details##